RPP Matematika Kelas 5

RPP MATEMATIKA KELAS 5 SD
            Sekolah                       : 
            Mata pelajaran             : Matematika
            Kelas/Semester            : V/2
            Pertemuan ke              : 6
            Alokasi Waktu            : 1 x 35 Menit

A.    Standar Kompetensi       :
5.   Menggunakan  Pecahan dalam pemecahan masalah

B.     Kompetensi dasar           :
5.3   Mengalikan dan membagikan berbagai bentuk pecahan
C.    Tujuan Pembelajaran **
Peserta didik dapat :
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan biasa
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan campuran dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan decimal dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan campuran dengan peresen dan sebaliknya
§  Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
        Rasa hormat danperhatian ( respect )
        Tekun ( diligence ) dan tanggung jawab ( responsibility )
D.    Materi Ajar
Peahen
Operasi Perkalian dan Pembagian
§  Perkalian Pecahan
§  Pembagian Pecahan
E.     Metode Pembelajaran
Tanya Jawab, Deduktif, latihan, Ekspositori
F.     Langkah – langkah Pembelajaran
Pertemuan
§  Kegiatan awal
Ø  Apresepsi/Motivasi
Ø  Meningkatkan kembali cara mengalikan bilangan asli dan menjelaskan arti perkalian pada pecahan
§  Kegiatan Inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru
Ø  Peserta didik dapat Mengalikan dan berbagi berbagai bentuk pecahan
·         Elaborasi
Dalamkegiatan elaborasi, guru :
Ø  Melakukan Tanya jawab dan diskusi mencari persamaan atau perbedaan mengalikan bilangan asli dan mengalikan pecahan setelah diskusi berjalan dan didapat kesimpulan siswa di uji pengetahuannya dengan mengerjakan soal – soal latihan
·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan



·         Egiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian memberikan pekerjaan rumah, menginformasikan materi yang akan dibahaspada pertemuan berikutnya.

Pertemuan
§  Kegiatan awal
·         Aprespsi / Motivasi
·         Meningkatkan kembali cara mengalikan bilangan asli dan menjelaskan arti perkalian pada pecahan.
§  Kegiatan inti
·         Eksplorasi
Dalam kegiatan Eksplorasi, Guru :
Ø  Peserta didik dapat mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
Ø  Melakukan Tanya jawab dan diskusi mencari persamaan atau perbedaan membagi bilangan asli dan membagi pecahan pecahan, setelah diskusi berjalan dan didapat kesimpulan siswa diuji pengetahuannya dengan mnegerjakan soal – soal latihan
·         Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
§  Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
Ø  Guru mengulang kembali kegiatan yang telah dilakuakn memberikan kesimpulan  kemudian memberikan pekerjaan rumah, mengonfirmasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
G.    Alat / Bahan dan Sumber Belajar
§  Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5.
§  Matematika SD untuk Kelas V 5B Esis
§  Matematika Progresif Teks Utama SD kelas 5
H.    Penilaian
Idikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik
Penilaian 
Bentuk
Instrumen
Instrument / soal
§  Menghitung perkalian dan pembagian dan pembagian pecahan bias dengan pecahan biasa
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan bias dengan pecahan campuran dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan decimal dan sebaliknya
§  Menghitung perkalian dan pembagian pecahan biasa dengan pecahan persen dan sebaliknya
§  Menghitung operasi hitung campuran berbagai bentuk pecahan
Tugan
Individu
Isian
§   = ……….

§   …………

§   …………

§   …………

§   …………


§   …………

Format Kriteria Penilaian
v  Produk ( HASIL DISKUSI  )
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Konsep
ü  Semua benar
ü  Sebagian besar benar
ü  Sebagian kecil benar
ü  Semua salah
4
3
2
1
v  Performasi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1




2
Pengetahuan
ü  Pengetahuan
ü  Kadang kadang pengetahuan
ü  Tidak pengetahuan


ü  Sikap
ü  Kadang – kadang sikap
ü  Tidak sikap
4
2
1


4
2
1


LEMBAR PENILAIAN
No
Nama siswa
Performan
Produk
Jumlah skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10







CATATAN :
Nilai   = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10
*      Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial .

Mengetahui                                                                                                                                                                                                                                                    …………..,……………….....
Kepala Sekolah                                                                                 Guru Kelas



                                                                                                     
NIP.                                                                                              NIP. 

                              

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Recent Post