RPP IPS kelas 4



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah                                   : 
Mata Pelajaran                      : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester                    : IV/II
Alokasi Waktu                       : 1 x 35 menit
                                                  1 x Pertemuan

I.                   STANDAR KOMPETENSI
·         Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten 1 kota dan provinsi
II.                KOMPETENSI DASAR
·         Mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
III.             TUJUAN PEMBELAJARAN
·         Siswa dapat mengenal perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( Diligence ), Jujur ( fairness ) dan ketelitian  ( carefulness )
IV.             MATERI POKOK
·         Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan transportasi
V.                KEGIATAN PEMBELAJARAN
·         Kegiatan awal
§  Mengamati gambar bermacam-macam teknologi produksi
·         Kegiatan Inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
Ø  Mengelompokkan teknologi produksi masa lalu dan masa kini
Ø  Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
Ø  Menunjukkan peralatannya
Ø  Menyebutkan macam-macamnya
Ø  Menceritakannya didepan kelas atau kelompoknya
Ø  Menggunakan teknologi tersebut secara sederhana
Ø  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran ; dan
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan dilaboratorium, sudio atau lapanganm
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, Guru:
Ø  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain – lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelsaikan masalah, dan brtindak tanpa rasa takut;
Ø  Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø  Memfasilitasi peserta didik dalam berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø  Mempasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menimbulkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik;
§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfermasi, guru;
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa;
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpula
·         Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, Guru;
Ø  Membuat kesimpulan tentang teknologi produksi masa lalu dan masa kini
Pertemuan
·         Kegiatan Awal
§  Tanya jawab tentang teknologi produksi, komunikasi, transportasi
·         Kegiatan inti
§  Eksplorasi
Dalam kegiatan Elaborasi, Guru;
Ø  Mengerjakan soal ulangan akhir bab/ ulangan formatif
Ø  Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
Ø  Menfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi; guru
Ø  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain – lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Ø  Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis, menyelsaikan masalah, dan bertindak tanparasa takut.
Ø  Memfasilitasipeserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø  Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
Ø  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø  Memfasilitasi peserta didikuntuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen ,festival,serta produk yang dihasilkan ;
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru;
Ø  Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa
Ø  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·         Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup guru
Ø  Menilai hasil pekerjaan murid
Pertemuan
v  Dalam pertemuan ini diberikan ulangan blok dari bab 7,8 dan 9 dengan berbagai bentuk soal
VI.             Alat dan Sumber Bahan
§  Alat peraga           : Gambar bermacam macam teknologi produksi, komunikasi dan transportasi
§  Sumber                  : Buku IPS Kelas IV
  Buku tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi

VII.          Penilaian
Indicator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penulisan
Bentuk Instrumen
Instrument / soal
§  Membandingkan /membedakan  jenis teknologi produksi pada masa lalu dan masa sekarang
§  Menunjukan peralatan teknologi produksi masalalu
§  Menyebutkan macam macam produksi masalalu dan masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat produksi lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi produksi masa lalu dan masa kini
§  Membandingkan / membedakan jenis teknologi komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang
§  Menyebutkan macam – macam alat masa lalu dan masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat komunikasi masa lalu dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi komunikasi masa lalu dan masa kini
§  Membandingkan membedakan jenis teknologi transportasi pada masa lalu dan masa sekaran
§  Menunjukan peralatan teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
§  Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi masa lalau dan sekarang
§  Cara menggunakan secara sederhana teknologi transportasi masa lalu dan masa kini
Tertulis
uraian
Jawaban
singkat
§  Jelaskan membandingkan, mengelompkan, menunjukan, membedakan dan menggunakan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
§  Membuat kerupuk dengan tangan merupaka produksi teknologi …………………..
§  Telepon yang tidak menggunakan kabel disebut telepon ………………………
§  Mobil, kereta api, dan pesawat termasuk teknologi …………..
§  Salah satu ciri transportasi masa lalu adalah ………………..
§  Penemu telepon adalah…………………



Format kriterian penilaian
v  Produk ( Hasil Diskusi )
No
Aspek
Kriteria
Skor
1
Konsep
*. Semua benar
*. Sebagian besar benar
*. Sebagian kecil benar
*. Semua salah
4
3
2
1

Performasi
No
Aspek
Kriteria
Skor
1




2.
Pengetahuan




Sikap
*. pengetahuan
*. Kadang – kadang pengetahuan
*. Tidak pengetahuan


*. Sikap
*. Kadang – kadang sikap
*. Tidak sikap
4
2
1


4
2
1

Penilaian
No
Nama siswa
performan
Produk
Jumlah skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20






21






22






23






24






25






26






27






28







CATATAN :
Nilai = ( jumlah skor : jumlah skor maksimal )X 10.
v  Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan remedial.


,              Maret 2016
Mengetahui      
  Kepala Sekolah                                                                                      Guru Kelas



                                                                                

            NIP.                                                                                                             NIP.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Recent Post