RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
( IPS )
Kelas / Semester :
IV/II
Alokasi Waktu : 1 x 35 menit
1 x Pertemuan
I.
STANDAR
KOMPETENSI
·
Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi dan
kemajuan teknologi di lingkungan kabupaten 1 kota dan provinsi
II.
KOMPETENSI
DASAR
·
Mengenal perkembangan teknologi produksi
komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
III.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
·
Siswa dapat mengenal perkembangan teknologi
produksi komunikasi dan transportasi serta pengalaman menggunakannya
v
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa hormat dan perhatian
( respect ), Tekun ( Diligence ), Jujur ( fairness ) dan ketelitian ( carefulness )
IV.
MATERI
POKOK
·
Perkembangan teknologi produksi komunikasi dan
transportasi
V.
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
·
Kegiatan awal
§
Mengamati gambar bermacam-macam teknologi
produksi
·
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
Ø
Mengelompokkan teknologi produksi masa lalu dan masa
kini
Ø
Membandingkan/membedakan jenis-jenisnya
Ø
Menunjukkan peralatannya
Ø
Menyebutkan macam-macamnya
Ø
Menceritakannya didepan kelas atau kelompoknya
Ø
Menggunakan teknologi tersebut secara sederhana
Ø
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran ; dan
Ø
Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
dilaboratorium, sudio atau lapanganm
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, Guru:
Ø
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain – lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
Ø
Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis,
menyelsaikan masalah, dan brtindak tanpa rasa takut;
Ø
Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
Ø
Memfasilitasi peserta didik dalam berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
Ø
Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi
yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø
Mempasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
Ø
Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
Ø
Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menimbulkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik;
§
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfermasi, guru;
Ø
Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum
diketahui siswa;
Ø
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpula
·
Kegiatan penutup
Dalam
kegiatan penutup, Guru;
Ø
Membuat kesimpulan tentang teknologi produksi
masa lalu dan masa kini
Pertemuan
·
Kegiatan Awal
§
Tanya jawab tentang teknologi produksi,
komunikasi, transportasi
·
Kegiatan inti
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan Elaborasi, Guru;
Ø
Mengerjakan soal ulangan akhir bab/ ulangan
formatif
Ø
Melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran; dan
Ø
Menfasilitasi peserta didik melakukan percobaan
di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi; guru
Ø
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain – lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
lisan maupun tertulis;
Ø
Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis,
menyelsaikan masalah, dan bertindak tanparasa takut.
Ø
Memfasilitasipeserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
Ø
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara
sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
Ø
Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
Ø
Memfasilitasi peserta didikuntuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok
Ø
Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen ,festival,serta produk yang dihasilkan ;
Ø
Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi guru;
Ø
Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum
diketahui siswa
Ø
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan penutup
Dalam
kegiatan penutup guru
Ø
Menilai hasil pekerjaan murid
Pertemuan
v
Dalam pertemuan ini diberikan ulangan blok dari
bab 7,8 dan 9 dengan berbagai bentuk soal
VI.
Alat
dan Sumber Bahan
§
Alat
peraga : Gambar bermacam
macam teknologi produksi, komunikasi dan transportasi
§
Sumber : Buku IPS Kelas IV
Buku tentang teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi
VII.
Penilaian
Indicator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penulisan
|
Bentuk Instrumen
|
Instrument / soal
|
§
Membandingkan /membedakan jenis teknologi produksi pada masa lalu dan
masa sekarang
§
Menunjukan peralatan teknologi produksi
masalalu
§
Menyebutkan macam macam produksi masalalu dan
masa kini
§
Menceritakan pengalaman menggunakan alat
produksi lalu dan sekarang
§
Cara menggunakan secara sederhana teknologi
produksi masa lalu dan masa kini
§
Membandingkan / membedakan jenis teknologi
komunikasi pada masa lalu dan masa sekarang
§
Menyebutkan macam – macam alat masa lalu dan
masa kini
§
Menceritakan pengalaman menggunakan alat
komunikasi masa lalu dan sekarang
§
Cara menggunakan secara sederhana teknologi
komunikasi masa lalu dan masa kini
§
Membandingkan membedakan jenis teknologi
transportasi pada masa lalu dan masa sekaran
§
Menunjukan peralatan teknologi transportasi
masa lalu dan masa kini
§
Menceritakan pengalaman menggunakan alat
transportasi masa lalau dan sekarang
§
Cara menggunakan secara sederhana teknologi
transportasi masa lalu dan masa kini
|
Tertulis
uraian
|
Jawaban
singkat
|
§
Jelaskan membandingkan, mengelompkan,
menunjukan, membedakan dan menggunakan teknologi produksi, komunikasi, dan
transportasi
§
Membuat kerupuk dengan tangan merupaka
produksi teknologi …………………..
§
Telepon yang tidak menggunakan kabel disebut
telepon ………………………
§
Mobil, kereta api, dan pesawat termasuk
teknologi …………..
§
Salah satu ciri transportasi masa lalu adalah
………………..
§
Penemu telepon adalah…………………
|
Format kriterian penilaian
v
Produk (
Hasil Diskusi )
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
|
Konsep
|
*. Semua benar
*. Sebagian besar benar
*. Sebagian kecil benar
*. Semua salah
|
4
3
2
1
|
Performasi
No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
*. pengetahuan
*. Kadang – kadang pengetahuan
*. Tidak pengetahuan
*. Sikap
*. Kadang – kadang sikap
*. Tidak sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Penilaian
No
|
Nama siswa
|
performan
|
Produk
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
||||||
21
|
||||||
22
|
||||||
23
|
||||||
24
|
||||||
25
|
||||||
26
|
||||||
27
|
||||||
28
|
||||||
CATATAN :
Nilai = ( jumlah skor : jumlah skor
maksimal )X 10.
v Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan remedial.
,
Maret 2016
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Kelas
NIP. NIP.